Thursday, December 22, 2011

Formula Excell untuk Menghitung Banyaknya Suatu Teks atau Angka (Bagian 1)

Dalam pembahasan kali ini adalah bagaimana kita menghitung banyaknya orang yang memiliki kriteria yang sesuai dengan yang kita inginkan.
kasus 1 seperti ini, jika di dalam suatu kelas ada 40 anak kemudian ingin diketahui berapa anak yang mendapatkan nilai yang baik, misal: nilai antara 70 sampai 85 (maaf saya bukan guru jadi kurang tahu range nilai pada dunia pendidikan :) ) maka kalau kita hitung satu persatu akan memakan waktu lama. padahal pimpinan atau dalam hal ini kepala sekolah ingin mengevaluasi hasil dari hasil belajar.
maka cara yang pertama seperti pada kasus 1 kita bisa mengkategorikan sebagai yang bernilai baik seperti pada gambar di bawah ini
Maka jika ingin mengetahui siapa saja "nilai gabungan" yang berada pada kelompok baik maka kita bisa menambahkan satu kolom "kategori1" untuk memasukkan formula siapa saja yang termasuk "Baik" berikut formulanya (formula 1)
=IF((F3>=70,5)*AND(F3<=85,49);"Baik";" ")
dan berikut adalah hasil setelah diterapkan pada excell
Penjelasan dari formula di atas adalah F3 adalah cell yang akan di check nilainya dalam hal ini adalah kolom nilai gabungan, nilai ini merupakan nilai rata-rata dari tiga nilai "ninjutsu" "Taijutsu" "Genjutsu". kemudian nilai lebih kecil besar dan sama dengan 70,5 berarti batas bawah nilai yang baik adalah 71 dan batas atas adalah 85,49 atau 85. mengapa menggunakan koma? karena dalam teknik pembulatan nilai jika nilai 70,49 masih termasuk nilai 70 sedangkan nilai yang berada pada 85,5 sudah termasuk 86 jadi untuk menghindari nilai seperti 85,3 dan 70,6 supaya dapat masuk ke dalam kategori baik sehingga akan lebih presisi jika kita menambahkan batas bawah dan atas lebih detail.
kemudian bagaimana caranya kalau saya ingin kelompok yang lain? kategori kelompok "cukup misalnya tinggal tambahkan formula seperti (formula 1) jadinya seperti di bawah ini (formula 2)
=IF((F3>=60,5)*AND(F3<=70,49);"Cukup";" ")
kemudian setelah anda diterapkan dalam excell seperti ini hasilnya
Untuk menghitung banyaknya yang mendapat nilai dapat dibaca pada Formula Excell untuk Menghitung Banyaknya Suatu Teks atau Angka (Bagian 2)

No comments:

Post a Comment